Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teknik Instalasi Listrik pada Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar

Ajad Sudarman, 140211015 (2018) Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teknik Instalasi Listrik pada Kelas XI SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Inkuiri]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Inkuiri)
Ajad Sudarman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Instalasi listrik Mempelajari tentang Dasar Instalasi Listrik, Melalui Pembelajaran Teknik Instalasi Listrik, Siswa dilatih Berpikir, Mencari tahu, menemukan fakta dari suatu konsep melalui pengamatan dan percobaan. Akan tetapi, fakta yang terjadi di lapangan siswa kurang aktif dalam pembelajaran seperti tidak berani bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri pada meteri instalasi listrik dalam pembelajaran (2) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran dan melihat aktifitas guru dan siswa pada materi Teknik Instalasi Listrik. Penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen (true eksperimen).
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes (2) lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 72,6, dan Kelas Eksperiemn adalah 82,5. Untuk hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas Siswa dalam mengelola pembelajaran pada kelas memperoleh skor 76 dengan rata-rata 3,50 dengan kategori baik, Hasil observasi aktivitas guru selama proses pembelajaran pada kelas masih ada beberapa aspek yang belum mencapai kriteria aktif dengan skor 66 dan rata-rata 3,30 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan metode inkuiri pada pembelajaran TITL Materi Instalasi Listrik siswa lebih aktif dalam belajar, hasil belajar siswa meningkat dan aktivitas guru dalam mengajar pun dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Marzuki,S.PdI, M.SI 2. Hari Anna Lastya, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Instalasi Listrik , Metode Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: ajad sudarman ajad
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:54
Last Modified: 06 Jun 2018 05:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item
View Item