Perspektif Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Di Pesantren Dalam Menghadapi Era Modernisasi (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren Karya Nurcholish Madjid)

Hidayatullah, 180201195 (2024) Perspektif Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Di Pesantren Dalam Menghadapi Era Modernisasi (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren Karya Nurcholish Madjid). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perspektif Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Di Pesantren Dalam Menghadapi Era Modernisasi (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren Karya Nurcholish Madjid)] Text (Perspektif Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Di Pesantren Dalam Menghadapi Era Modernisasi (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren Karya Nurcholish Madjid))
Hidayatullah, 180201195, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan sering didefinisikan sebagai suatu usaha sadar yang untuk membentuk insan seutuhnya, yakni manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, serta berbudi luhur, berkepribadian disiplin, bekerja keras, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan merupakan jalan atau cara yang mengantarkan manusia untuk mencapai tujuan hidupnya, hal ini menjadikan pendidikan sebagai sebuah kewajiban yang harus dijalani manusia dalam kehidupannya. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua yang masih bertahan hingga hari ini di Indonesia, hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena dengan kesendiriannya pesantren di samping mempertahankan nilai-nilai khasnya ia juga mampu beradaptasi dengan sistem pendidikan modern.
Dari sekian banyak tokoh pendidikan Islam yang terlahir dari Pesantren, nama Nurcholish Madjid yang semasa hidupnya akrap disapa Cak Nur menjadi salah satu sosok yang akan dikenang sebagai tokoh kontroversial, sebagian orang menganggap beliau sebagai pembaharu terhadap pemikiran Islam di Indonesia, beliau adalah tokoh yang berani mengungkapkan gagasan-gagasan yang berbeda dengan para pemikir Islam di Indonesia saat itu. Diantara banyaknya objek pemikiran pembaharuan Cak Nur, pendidikan pesantren di Indonesia juga menjadi salah satu bidang kajian yang terkena percikan cahaya modernisasi pemikiran Cak Nur. Pesantren, lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, masih menarik untuk dipelajari dan dipikirkan Kembali. Masalah pembelajaran di pesantren yang belum sepenuhnya relevan dalam menghadapi era modernisasi menurut Cak Nur, merupakan suatu problem yang menarik untuk ditelaah kembali, dikarenakan banyak orang mungkin salah paham dengan apa yang di kritik Cak Nur, karena sebagian orang cepat mengambil kesimpulan bahwa; Cak Nur memandang pesantren sebagai lembaga pendidikan yang usang, karena mungkin beberapa orang tidak membaca tulisannya secara keseluruhan. Jadi berdasarkan beberapa alasan tersebut penulis ingin menelaah lebih dalam lagi tentang pemikiran Nurcholish Madjid yang berkaitan dengan konsep pendidikan pesantren dalam menghadapi era modernisasi, dan penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menggali dengan sedalam-dalamnya ide dan pemikiran Nurcholish madjid yang berkaitan dengan pendidikan pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:08
Last Modified: 17 Dec 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40379

Actions (login required)

View Item
View Item