Muzzammil, 180213105 (2024) Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di Mtsn 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muzzammil, 180213105, FTK, BK, 082277731907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Kejenuhan belajar diperoleh dari hasil tekanan emosional yang konstan dan berulang, yang disosialisasikan dengan keterlibatan yang insentif dalam hubungan antar personal untuk jangka waktu yang yang lama. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk dapat dilihat gambaran kejenuhan belajar siswa sebelum penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik skala likert role playing di MTsN 4 Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk dan gambaran kejenuhan belajar suswa sesudah diterapkannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing di MTsN 4 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui keefektifitasan pelayanan bimbingan kelompok di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode pendekatan (One Group Pretest – Postest Design), dipilih untuk menjadi teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang mengalami kejenuhan belajar ditinjau dari 3 aspek: 1) Keletihan emosi. 2) Denpersonalisasi.
3) Menurunya keyakinan akademik. Populasi penelitian ini adalah 110 siswa kelas
VIII MTsN 4 Banda Aceh, dan menggunakan purposive sampling, juga menggunakan Paired Sampel t test (Uji t untuk kedua sampel yang berpasangan) yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VIII-I MTsN 4 Banda Aceh. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing yang ditujukan hasil hipotesis yaitu sig 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling |
Depositing User: | Muzzammil Muzzammil |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:54 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40382 |