Konsep Pembelajaran Pesantren Modern Menurut Nurcholish Madjid (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren)

Rizaldi, 180201090 (2024) Konsep Pembelajaran Pesantren Modern Menurut Nurcholish Madjid (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Konsep Pembelajaran Pesantren Modern Menurut Nurcholish Madjid (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren)] Text (Konsep Pembelajaran Pesantren Modern Menurut Nurcholish Madjid (Kajian Terhadap Buku Bilik-Bilik Pesantren))
Rizaldi, 180201090, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan islam tradisional yang sudah diakui di dalam sistem pendidikan nasional. Dari segi sejarah pesantren tidak hanya identik dengan arti keislaman, tapi juga mengandung arti keaslian Indonesia (indigenous). Dalam pola pengembangan sistem pendidikannya pesantren mengalami beberapa perubahan, perubahan itu bisa saja di dasarkan atas respon dan tuntutan perkembangan zaman, atau juga sebagai budaya kooperatif antara pesantren dan pembangunan pendidikan nasional. Tujuan penelitian untuk mengetahui apa saja pemikiran Nurcholish Madjid terhadap konsep pembelajaran pesantren modern, dan untuk mengetahui problematika pembelajaran pesantren modern. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pemikiran Nurcholish Madjid tentang konsep pembelajaran pesantren modern, dan apa problematika pembelajaran pesantren modern. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka, dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi yaitu mencari data dengan berpedoman pada buku-buku karangan Nurcholish Madjid sebagai sumber primer. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dalam pemikiran Nurcholish Madjid menawarkan pembelajaran di pesantren bisa di laksanakan secara metode klasikal dalam pengajarannya, walaupun masih menggunakan metode sorogan dan bandongan dalam pembelajaran kitab-kitab klasik, juga salah satu problematika pembelajaran di pesantren adalah perkembangan pengetahuan yang semakin berkembang dan membawa berbagai perubahan justru tidak dipelajari secara komprehensif di lingkungan pesantren, tampaknya hanya dilaksanakan secara setengah-tengah dan hanya sebagai formalitas agar tidak dikatakan kolot saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizaldi Rizaldi
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:09
Last Modified: 17 Dec 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40384

Actions (login required)

View Item
View Item