Penerapan Model Cerita Bergambar untuk Pengembangan Karakter Kesopanan pada Siswa SDIT Nurul Fikri Aceh

Wulan Mailita, 150213064 (2024) Penerapan Model Cerita Bergambar untuk Pengembangan Karakter Kesopanan pada Siswa SDIT Nurul Fikri Aceh. Diploma thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL CERITA BERGAMBAR UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER  KESOPANAN PADA SISWA SDIT NURUL FIKRI, SKRIPSI Oleh WULAN MAILITA NIM. 150213064] Text (PENERAPAN MODEL CERITA BERGAMBAR UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER KESOPANAN PADA SISWA SDIT NURUL FIKRI, SKRIPSI Oleh WULAN MAILITA NIM. 150213064)
SKRIPSI WULAN MAILITA 150213064 UPLOAD.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Nama : Wulan Mailita
NIM : 150213064
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Bimbingan Konseling
Judul : Penerapan Model Cerita Bergambar untuk Pengembangan Karakter Kesopanan pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Aceh
Tebal Skripsi :
Pembimbing I : Mashuri, S.Ag., M.A
Pembimbing II : Elviana, S.Ag., M.Si
Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Model Cerita Bergambar, Karakter Kesopanan

Karakter kesopanan adalah suatu sifat menghormati orang yang lebih tua sesuai dengan tata krama dan kaidah dalam Islam, Kesopanan sendiri tidak terlepas dari budaya atau hal-hal yang dianggap sopan oleh orang setempat. Namun pada kenyataannya, di SDIT Nurul Fikri Aceh terdapat beberapa siswa yang memiliki nilai karakter kesopanan yang masih rendah yang sebagian besar dikarenakan memiliki anggapan bahwa mereka berhak untuk mendapatkan perlakuan istimewa sebanding dengan biaya yang orang tua mereka keluarkan untuk pendidikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat karakter kesopanan siswa sebelum penerapan model cerita bergambar melalui layanan konseling kelompok, sesudah penerapan model cerita bergambar melalui layanan konseling kelompok dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model cerita bergambar melalui layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif berbentuk One Group Pre-test Posttest Design. Populasi berjumlah 47 siswa dan sampel penelitian sebanyak 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan mengkategori siswa yang memiliki tingkat karakter kesopanan rendah. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner (angket) untuk mengukur tingkat karakter kesopanan siswa, kemudian setelah data diperoleh, maka data dianalisis dengan menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS versi 28. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji-t terdapat perbedaan tingkat karakter kesopanan siswa yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan model cerita bergambar melalui layanan konseling kelompok.
Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Model Cerita Bergambar, Karakter Kesopanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Wulan Mailita Wulan
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:24
Last Modified: 17 Dec 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40388

Actions (login required)

View Item
View Item