Isna Mutia, 190201161 (2024) Peningkatan Konsistensi Shalat Berjamaah Siswa SMA Negeri I Muara Tiga Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Isna Mutia, 190201161 (2024).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isna Mutia, 190201161 (2024).pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini mengkaji terkait Konsistensi Shalat Berjamaah DI SMA Negeri 1 Muara Tiga Pidie. Adapun berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh penulis bahwa adanya pelaksanaan shalat zuhur berjamaah secara bergiliran dan diawasi langsung oleh guru di sekolah SMA Negeri 1 Muara Tiga Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan data dalam penelitian skripsi ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumenstasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi shalat berjamaah sangat bagus. Adapun konsistensi shalat berjamaah di SMA Negeri 1 Muara Tiga Pidie dilakukan dengan memberlakukan denda maupun hukuman bagi yang tidak melaksanakan shalat berjamaah. Selain pemberian hukuman, konsistensi shalat berjamaah bagi para peserta didik di sekolah tersebut dilakukan melalui pemberian hadiah atau penguatan nilai pada mata pelajaran agama. Selanjutnya penelitian ini juga menunjukkan bahwa indikator kompetensi shalat berjamaah terwujudkan ke dalam beberapa kompetensi penting. Pertama, kompetensi pedagogik, yang diwujudkan melalui penguasaan yang bagus terhadap materi shalat berjamaah yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Kedua, kompetensi kepribadian, di mana para guru menunjukkan kepribadian yang disiplin dan tegas, serta kepribadian penyayang dan kesetaraan antara guru dan peserta didik. Ketiga, kompetensi sosial, dimana terwujudnya sikap demokratis dan tidak ada jarak personal, serta melahirkan komunikasi sosial antara guru dan peserta didik. Dan keempat, kompetensi profesional, hal ini diwujudkan lewat penguasaan materi yang bagus dari guru dan juga siswa memiliki tanggung jawab terhadap pengetahuan yang telah disampaikan oleh guru kepada mereka. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan dan solusi yang ditawarkan dalam peningkatan konsistensi shalat berjamaah. Adapun berbagai hambatan yang diperoleh yaitu kapasitas mushalla yang terbatas, kedisiplinan dan lingkungan. Sedangkan solusi yang ditawarkan yaitu adanya sistem pertukaran jamaah dan sistem poin nilai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Isna Mutia |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:17 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40398 |