Muhammad Mirza, 190303101 (2024) Penerapan Metode Muraja’ah Mutqin Di Pesantren Babul Maghfirah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan Metode Muraja’ah Mutqin Di Pesantren Babul Maghfirah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Mirza, 190303101, FUF, IAT, 0895321146675.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Saat ini program belajar dan menghafal Alquran telah menjadi sangat penting dan menarik perhatian masyarakat secara luas. Metode yang efektif dalam menghafal Alquran menjadi kunci keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode muraja'ah Alquran serta mengidentifikasi kendala yang mungkin muncul selama proses pembelajaran, serta untuk menilai pengaruhnya terhadap keberhasilan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini, subjek yang terlibat termasuk dua kepala sekolah, dua guru tahfiz, serta tiga siswa dan dua siswi. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi. Kendala tersebut antara lain kurangnya motivasi, kebosanan siswa, perbedaan daya ingat, pengaruh teman sebaya, rasa ingin tahu untuk mencoba hal baru, manajemen waktu yang kurang baik, penerapan yang tidak merata, kesulitan pada ayat tertentu, stagnasi dalam proses menghafal, dan ketidakdisiplinan siswa saat menghafal. Adapun berbagai upaya telah dilakukan seperti meningkatkan motivasi siswa, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menghafal Alquran, melibatkan orang tua dan teman dekat, serta mengimplementasikan pengawasan oleh wali kamar, manajemen kelas yang efektif, pembagian hafalan berdasarkan sambung ayat, memberikan laporan tugas kepada siswa, serta memberikan sistem reward seperti piala, sertifikat, dan potongan biaya sekolah gratis sebagai bentuk apresiasi. Evaluasi secara bersama untuk memastikan efektivitas dari upaya-upaya yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Muhammad Mirza Mirza |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:20 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40399 |