Pembelajaran Tahfidz Pada Rumah Tahfidz Di Padang Baru Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan

Ainal Marziah, 170201097 (2024) Pembelajaran Tahfidz Pada Rumah Tahfidz Di Padang Baru Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Tahfidz Pada Rumah Tahfidz Di Padang Baru Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan] Text (Pembelajaran Tahfidz Pada Rumah Tahfidz Di Padang Baru Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan)
Ainal Marziah,170201097, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Program Rumah Tahfidz yang ada pada Gampong Padang Baru ini sangat banyak diminati oleh masyarakat baik dari dalam maupun diluar Gampong tersebut. Rumah Tahfidz ini sudah berjalan selama 3 tahun. Hafalan al-Qur’an ini merupakan salah satu program unggulan, dikarenakan Rumah Tahfiidz ini menciptakan kemampuan peserta didik dalam menghafal al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah, 1) Bagaimana pembelajaran Tahfidz pada Rumah Tahfidz di Padang Baru Kecamatan Labuhanhaji Aceh Selatan. 2) Bagaimana peran guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik. 3) Penyebab peserta didik tidak dapat mengingat hafalan yang telah mereka hafal. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis yang digunakan ialah penelitian lapangan. Untuk mendapatkan data yang lebih akurat, peneliti menggunakan instrumen pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini ialah, 1) pembelajaran dirumah Tahfidz ini sangat padat jika dilihat dari jadwal yang telah disusun oleh pengurus, dan tidak sesuai dengan waktu pembelajarannya, dikarenakan waktu belajarnya dari pukul 17.00-1800. 2) peran yang digunakan guru Tahfidz ini ialah, membina santri, memperbaiki bacaan al-Qur’annya, dan mengetahui cara hafalan santri. 3) penyebab peserta didik tidak dapat mengingat hafalannya yaitu, adanya faktor internal yaitu kemampuan dan keseriusan yang terdapat pada diri sendiri, dan faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar baik dari keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Manfaat dari rumah Tahfidz ini ialah, tempat untuk membentuk kepribadian seseornag, menanamkan ilmu Agama, bertanggung jawab untuk diri sendiri, dan menunaikan shalat tepat waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidz, Peran guru Tahfidz, Penyebab pesertadidik tidak dapat mengingat hafalan.
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainal Marziah Ainal
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:05
Last Modified: 30 Dec 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40528

Actions (login required)

View Item
View Item