Tarisa Novriani, 200201045 (2024) Penerapan Media Crossword Puzzle Pada Materi Asmaul Husna Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Siswa Siswi Kelas V SDN 1 Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan Media Crossword Puzzle Pada Materi Asmaul Husna]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tarisa Novriani, 200201045, FTK, PAI, 082218086602.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran terdapat komponen penting yang sangat berpengaruh untuk menunjang keberhasilan proses belajar salah satunya ialah media pembelajaran agar siswa dapat lebih antusias dan aktif dalam belajar, salah satunya dengan menerapkan media Crossword Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media Crossword Puzzle dan untuk mengetahui hasil akhir terhadap peningkatan kemampuan hafalan siswa siswi Kelas V SDN 1 Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggrat yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan tindakan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi atau pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa siswi terhadap Asmaul Husna dibuktikan dengan hasil nilai persentase aktivitas guru pada siklus I 84,61% dan pada siklus II menjadi 97,12%. Untuk nilai persentase aktivitas siswa pada siklus I berada pada 82,50% dan pada siklus II menjadi 95,00%. Nilai rata-rata siswa pada soal pre-test ialah 44,23 dengan pemerolehan ketuntasan hasil kemampuan siswa secara klasikal hanya 3,84% dan nilai rata-rata siswa pada soal post-test, yaitu 77,53 dan pada siklus II menjadi 86,45. Pemerolehan ketuntasan hasil kemampuan siswa secara klasikal ialah 73,07% (19 siswa yang tuntas) menjadi 92,30% (24 siswa yang tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media Crossword Puzzle pada materi Asmaul Husna mampu meningkatkan kemampuan hafalan Siswa Siswi Kelas V SDN 1 Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System 600 Technology (Applied Sciences) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tarisa Novriani Risa |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:44 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40532 |