Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur'an Santri Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar

Winda Ajirna, 170201006 (2024) Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur'an Santri Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur'an Santri Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar] Text (Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur'an Santri Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar)
Winda Ajirna, 170201006, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kerjasama orang tua dan guru sangat penting dilakukan agar terbangun persepsi yang sama antara sekolah dan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran yang akan diberikan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Hubungan kerjasama antara orang tua santri dan guru tahfizh dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an santri (2). Proses pembelajaran hafalan Al-Qur’an santri (3). Pola kerjasama antara orang tua santri dan guru tahfizh. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Mudir Madrasah, guru tahfizh dan orang tua santri Madrasah Diniyah Daarut Tahfizh Al-Ikhlas. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1). Hubungan kerjasama antara guru dan orang tua di Madrasah Diniyah Daarut Tahfizh Al-Ikhlas belum terjalin hubungan kerjasama yang baik, dimana masih ada kekurangan dalam pendekatan kerjasama antara guru dan orang tua, dan juga masih terdapat kendala dalam komunikasi antara keduanya. (2). Proses Pembelajaran hafalan Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Daarut Tahfizh Al-Ikhlas yaitu menggunakan metode Talaqqi dimana guru membaca terlebih dahulu, kemudian disusul oleh muridnya, selanjutnya mereka akan menyetor hafalannya satu persatu. (3). Pola kerjasama antara orang tua santri dan guru tahfizh di Madrasah Diniyah Daarut Tahfizh Al-Ikhlas menggunakan pola buttom up dimana pola kerjasama tersebut bersumber dari para guru yang mengadakan rapat evaluasi bulanan sebagai masukan untuk perkembangan santri selama mengaji, dan para guru juga mengadakan pertemuan dengan wali santri ketika pembagian rapor di akhir semester agar orang tua santri dapat mengetahui perkembangan anaknya selama mengaji dan juga dapat menjalin kerjasama yang baik dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri. Adapun bentuk kegiatan kerjasama yang dilakukan di Madrasah diniyah Daarut Tahfizh Al-Ikhlas adalah komunikasi, yaitu komunikasi formal dan informal, dan keterlibatan orangtua dalam proses pembelajaran di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Winda Ajirna
Date Deposited: 31 Dec 2024 02:32
Last Modified: 31 Dec 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40536

Actions (login required)

View Item
View Item