Anggi Khairani, 210201052 (2025) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas VII MTsS Insan Qurani Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas VII MTsS Insan Qurani Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Anggi Khairani, 210201052, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pembelajaran merupakan sebuah implikasi pada perkembangan masyarakat dari generasi ke generasi. Metode dan media yang menarik dalam pembelajaran mampu menarik minta belajar peserta didik. Di MTsS Insan Qurani, pendidik menggunakan metode Teacher-centered atau media satu arah, sehingga siswa tidak begiyu tertarik pada materi yang diajarkan. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis tiktok terhadap prestasi belajar siswa mapel akidah akhlak kelas VII MTsS Insan Qurani Aceh Besar. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan design quasi experimental jenis design non-equivalennt control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 204 orang, dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis TikTok dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis TikTok mampu meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi Akidah Akhlak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis TikTok efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak. Rekomendasi diberikan kepada pendidik untuk mengintegrasikan teknologi digital secara kreatif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anggi Khairani |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 02:39 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 02:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40547 |