Muammar Abdullah, 160201114 (2025) Strategi TPA Babul Hidayah Gampoeng Lam Puja Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Santri. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Strategi TPA Babul Hidayah Gampoeng Lam Puja Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Santri]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muammar Abdullah, 160201114, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai Strategi TPA Babul Hidayah Gampoeng Lam Puja Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Santri. Rumusan masalahnya adalah, a). Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri di Taman Pendidikan Al- Qur'an (TPA) Babul Hidayah? b) Bagaimana Kualitas Kemampuan Membaca Al- Qur'an Santri di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Babul Hidayah? c). Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pada Strategi Pembelajaran Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an TPA Babul Hidayah? Tujuan penulisan dalam skripsi adalah: 1) Mendeskripsikan metode/strategi Strategi TPA Babul Hidayah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. 2) Mendeskripsikan hambatan- hambatan TPA Babul Hidayah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) strategi/metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri yaitu menggunakan metode yaitu metode, Qiro'ati, An-Nahdidhiyah, Iqra adalah suatu metode membaca Al-Qur'an yang menekankan langsung pada latihan membaca. b) hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kemanpuan santri yaitu: dari pihak Ustad/Ustazah atau pendidik antara lain: 1) Menurunnya semangat ustad/ustazah dalam memberi pelajaran yang inovatif dan menyenangkan. 2) Jumlah ustaz/ustazah di TPA Babul Hidayah yang kurang melihat santri dan tenaga pengajar tidak seimbang.3) Kurangnya keaktifan Ustad/Ustazah dikarenakan ada beberapa Ustad/Ustazah santri jarak rumah dengan TPA Babul Hidayah berjauhan.
4) Kurangnya tenaga Ustad/Ustazah yang kompeten di masyarakat. Adapun dari pihak santri yaitu: 1) Ada sebagian santri yang kurang aktif dikarenakan jarak rumah dan TPA Babul Hidayah berjauhan sehingga ketinggalan pelajaran. 2) Santri yang sudah lulus atau sudah di wisudah biasanya sudah malas untuk melanjutkan bacaannya kembali. 3) Melemahnya semangat santri bahkan mengalami kejenuhan sehingga mempengaruhi proses belajar mengajar. Adapun kendala lainnya. 1) Minimnya fasilitas sarana dan 2) prasarana TPA serta Kurangnya dana operasional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muammar Abdullah |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 02:58 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 02:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40569 |