Perancangan Aplikasi Manajemen Kelas Berbasis Web Untuk Guru Dalam Pengelolaan Data Siswa ( Presensi dan Tugas ) Di Sma Kartika XIV-1 Menggunakan Metode Waterfall

Farhan Sidiq, 200212056 (2025) Perancangan Aplikasi Manajemen Kelas Berbasis Web Untuk Guru Dalam Pengelolaan Data Siswa ( Presensi dan Tugas ) Di Sma Kartika XIV-1 Menggunakan Metode Waterfall. Perancangan Aplikasi Manajemen Kelas Berbasis Web Untuk Guru Dalam Pengelolaan Data Siswa ( Presensi dan Tugas ) Di Sma Kartika XIV-1 Menggunakan Metode Waterfall, 6 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2776-7418

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Guru Dalam Pengelolaan Data Siswa (Presensi dan Tugas)] Text (Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Guru Dalam Pengelolaan Data Siswa (Presensi dan Tugas))
Farhan_Sidiq.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan menjadi landasan bagi berbagai inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, dan manajemen kelas yang sukses sangat penting bagi proses pembelajaran. SMA Kartika XIV-1 memiliki keterbatasan dalam hal penanganan data siswa, seperti tugas dan kehadiran, yang masih ditangani secara manual, sehingga kurang efektif dan rentan terhadap kehilangan atau kerusakan. Pertimbangan utama penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem manajemen kelas berbasis web yang akan meningkatkan efektivitas dan ketepatan manajemen data siswa. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat aplikasi berbasis web manajemen kelas daring yang akan membantu para pendidik dalam memantau kemajuan siswa, mengelola tugas, dan mencatat kehadiran. Metode Waterfall, yang terdiri dari langkah-langkah analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan, digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Pencatatan kehadiran, manajemen tugas dengan tenggat waktu, penilaian dan komentar, pembuatan laporan digital, dan akses ke ringkasan data kehadiran dan tugas yang komprehensif hanyalah beberapa fitur utama yang disediakan aplikasi ini. Menurut hasil pengujian, aplikasi ini telah berhasil meningkatkan akurasi dan efisiensi manajemen data siswa. Sistem ini tidak hanya memfasilitasi pekerjaan pendidik tetapi juga membantu meningkatkan standar pendidikan di ruang kelas. Diharapkan aplikasi ini akan menjadi solusi kreatif yang dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan lainnya.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Farhan Sidiq Farhan
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:06
Last Modified: 03 Jan 2025 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40574

Actions (login required)

View Item
View Item