Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada Pembelajaran Bahasa Indoneisa Siswa Kelas I MIN Bukit Baro I Aceh Besar

Desi Lusia Wati, 201324671 (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada Pembelajaran Bahasa Indoneisa Siswa Kelas I MIN Bukit Baro I Aceh Besar. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (kemampuan menulis sangat penting bagi siswa-siswi SD/MI khususnya di kelas rendah, karena dengan menulis siswa-siswi dapat menuangkan ide-ide yang ada dipikirannya.)
FULL SKRIPSI (DESI LUSIA WATI..201324671..PGMI),pdf..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan menulis permulaan siswa khususnya pada mata pelajaran
bahasa Indonesia masih dialami oleh siswa kelas I MIN Bukit Baro 1 Aceh Besar
yang disebabkan guru belum menggunakan metode yang cocok dalam menulis yaitu
mengajar menulis hanya dengan menyuruh siswa mengikuti tulisan guru di papan
tulis saja tanpa ada bimbingan menulis dari guru sendiri. Oleh karena itu, banyak
siswa yang kesulitan dalam menulis dan siswa terlihat tidak aktif dalam
pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan metode
Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada materi menulis siswa kelas I MIN Bukit Baro 1
Aceh Besar? (2) Bagaimana aktivitas siswa melalui metode Struktur Analitik Sintetik
(SAS) pada materi menulis siswa kelas I MIN Bukit Baro I Aceh Besar? (3)
Bagaimana peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa melalui metode
Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada materi menulis siswa kelas I MIN Bukit Baro 1
Aceh Besar?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitianya adalah siswa kelas IB MIN Bukit Baro I Aceh Besar
yang berjumlah 27 orang. Kemampuan menulis permulaan siswa mengalami
peningkatan pada setiap indikator yaitu, indikator kerapian tulisan pada siklus I
dengan persentase 66,66% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 85,18%,
indikator kelengkapan kata pada siklus I dengan persentase 18,51% dan meningkat
pada siklus II dengan persentase 77,77% dan indikator susunan kata dalam kalimat
pada siklus I dengan persentase 62,96% dan meningkat pada siklus II dengan
persentase 88,88%. Secara keseluruhan hasil penelitian yang berlangsung selama II
siklus menunjukkan bahwa metode Struktur Analitik Sintetik dapat diterapkan pada
materi menulis permulaan. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan menulis
permulaan siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan dan dikuatkan oleh hasil
penelitian kemampuan guru yang meningkat setiap siklus, yaitu pada siklus I dengan
persentase 75% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 96,15%, serta
aktivitas siswa yang juga meningkat pada setiap siklus, yaitu pada siklus I dengan
persentase 64,28% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 85,71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M.Pd; NIP. 196905141994021001 2. Zikra Hayati, M.Pd; NIP. 198410012015032005
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Permulaan, Metode SAS, Bahasa Indonesia
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Lusia Wati
Date Deposited: 17 Aug 2017 01:17
Last Modified: 17 Aug 2017 01:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item
TOP