Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Tpa Raudhatul Qur’an Aceh Besar

Suci Firly Muzdhalifah, 210201009 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Tpa Raudhatul Qur’an Aceh Besar. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Tpa Raudhatul Qur’an Aceh Besar, 5 (1): 15. pp. 13-26. ISSN DOI. 10.29103/jspm.v%vi%i.19329

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an)
Suci Firly Muzdhalifah, 210201009, FTK, PAI, 088263246925.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap inovasi guru dalam mengajarkan materi ikhfa’ dengan model Problem Based Learning, yang mampu meningkatkan pemahaman tajwid dan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Model Problem based learning merupakan salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan proses pembelajaran termasuk pembelajaran ilmu tajwid khususnya hukum ikhfa’. Materi hukum ikhfa’ menjadi sangat penting untuk dipelajari, karena memiliki kesulitan dalam melafalkannnya. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Problem based learning pada materi hukum ikhfa’? Bagaimana peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an santri setelah penerapan model pembelajaran Problem based learning pada materi hukum ikhfa’? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ditemukan pada siklus I aktivitas Ustadzah menunjukkan hasil 73% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 93% dengan kategori sangat baik. Aktivitas santri pada siklus I mendapatkan nilai persentase 72% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai persentase 94% dengan kategori sangat baik. Hasil peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an santri setelah penerapan model pembelajaran Problem based learning materi hukum ikhfa’ pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 53,2 dengan kategori kurang kriteria tidak berhasil dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83.31 dengan ketegori baik kriteria berhasil. Penerapan model pembelajaran Problem based learning dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada materi Ikhfa’ terhadap santri TPA Raudhatul Qur’an Aceh besar.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suci Firly Muzdhalifah Suci
Date Deposited: 06 Jan 2025 01:51
Last Modified: 06 Jan 2025 01:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40605

Actions (login required)

View Item
View Item