Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Materi Kisah Nabi Nuh As Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Al-Marhamah Langsa

Naja Aliya, 210201019 (2025) Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Materi Kisah Nabi Nuh As Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Al-Marhamah Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Materi Kisah Nabi Nuh As Pada Mata Pelajaran Pai Di SDIT Al-Marhamah Langsa] Text (Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Materi Kisah Nabi Nuh As Pada Mata Pelajaran Pai Di SDIT Al-Marhamah Langsa)
Naja Aliya, 210201019, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran efektif di sekolah dasar menjadi perhatian utama dalam proses pendidikan, termasuk dalam memahami kisah-kisah keagamaan seperti Kisah Nabi Nuh. Namun, pemahaman siswa sering kali dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar yang mereka miliki, sehingga diperlukan pendekatan pengajaran yang adaptif. Masalah utama dalam Penelitian ini adalah sejauh mana gaya belajar memengaruhi pemahaman siswa terhadap materi Kisah Nabi Nuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman materi Kisah Nabi Nuh di kelas V C SDIT Al-Marhamah Langsa dengan menggunakan metode campuran (mixed methods), mengombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Gaya belajar siswa diidentifikasi melalui angket, sedangkan pemahaman mereka diukur menggunakan tes. Kemudian dilanjutkan Observasi, dokumentasi, dan wawancara digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Secara teoritis, Penelitian ini didasarkan pada konsep bahwa gaya belajar individu visual, auditori, dan kinestetik mempengaruhi cara siswa menyerap dan memahami informasi. Gaya belajar visual lebih efektif untuk memahami materi melalui media gambar, sedangkan gaya auditori lebih menyerap informasi melalui penjelasan lisan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual mendominasi siswa kelas V C dengan persentase 53,84%, diikuti gaya auditori (38,46%) dan kinestetik (7,69%). Dalam pemahaman materi 73,07% memiliki pemahaman sangat baik, 19,23% baik, dan 7,69% cukup. Penelitian ini menegaskan bahwa metode pengajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa mampu meningkatkan pemahaman materi secara signifikan dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naja Aliya
Date Deposited: 07 Jan 2025 02:28
Last Modified: 07 Jan 2025 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40686

Actions (login required)

View Item
View Item