Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs

Nurmi Hazijah, 190205076 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching] Text (Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching)
Nurmi Hazijah, 190205076, FTK, PMA, 081240536047.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-3 MTsN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan (Action Research) yang mengacu pada model desain Penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa di kelas VIII-3 MTsN 2 Banda Aceh dan dipilih 4 siswa sebagai informan. Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching melalui 6 fase, yaitu: (1) fase tumbuhkan, penelitii menumbuhkan keinginan siswa untuk belajar dengan memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel. (2) fase alami, peneliti memberikan ke sempatan pada siswa mengerjakan LKPD sesuai pengalamannya, kemudian siswa mengamati video pembelajaran yang menyenangkan, video animasi yang berkaitan dengan materi pelajaran dalam kehidupam sehari-hari. (3) fase namai, peneliti meminta siswa mencoba menjelaskan, melakukan operasi dan menyelesaikan masalah system persamaan libear dua variabel; (4) fase demonstrasikan, peneliti memilih perwakilan kelompok untuk menunjukkan hasil diskusinya dan memberikan kese mpatan kelompok lain untuk menanggapi; (5) fase ulangi, peneliti mengarahkan siswa untuk menyimpulkan dan mengulangi kembali inti materi yang telah dipahami; dan (6) fase rayakan, peneliti memberikan penghargaan berupa hadiah pada kelompok. Hasil penelitian ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching, pada fase tumbuhkan di siklus I peneliti hanya memberikan sebuah motivasi biasa sedangkan pada siklus II peneliti memberikan motivasi dan menampilkan sebuah video pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari. pada fase alami di siklus I peneliti memberikan sebuah contoh pengalaman hanya melalui permisalan dan ucapan saja, namun pada siklus II peneliti memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan video pembelajaran yang menggambarkan kegiatan ekonomi tentang kehidupan sehari-hari melalui video pembelajaran. Pada fase rayakan di siklus I peneliti bersama siswa hanya bertepuk tangan dalam merayakan keberhasilan namun pada siklus II peneliti membuat sebuah game/permainan, bertepuk tangan bersama untuk merayakan keberhasilan dan membagikan sebuah hadiah kepada siswa setelah melakukan pembelajaran yang membuat siswa senang dan bergembira.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurmi Hazijah Nurmi
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:42
Last Modified: 08 Jan 2025 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40733

Actions (login required)

View Item
View Item