Aisyah Fadhilla, 210201031 (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Kalangan Siswa-Siswi MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Kalangan Siswa-Siswi Man 4 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi aisyah fadhilla.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Indonesia memiliki banyak keanekaragaman baik dalam hal agama, suku, budaya, adat istiadat, bahasa, maupun sosial kemasyarakatan. Keragaman ini menyebabakan begitu banyak perbedaan pada masyarakat Indonesia. Salah satu cara menyikapi perbedaan-perbedaan tersebut adalah memperkuat persatuan dan menjaga perdamaian. Di sinilah letak pentingnya bersikap moderat termasuk dalam beragama. Moderasi beragama adalah salah satu program yang digalakkan oleh pemerintah di lingkungan kementrian agama diantaranya dengan mengadakan kegiatan perlombaan seperti pemilihan duta moderasi beragama. Lokasi penelitian ini berada di MAN 4 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara siswa-siswi belajar, memahami, mengamalkan, menghayati dan bersikap dalam moderasi beragama di kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setalah dilakukan penelitian diketahui bahwa salah satu cara menanamkan nilai-nilai moderasi beragama yaitu melalui pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak, belajar melalui program khusus berupa bimbingan dan pelatihan pada waktu mengikuti event moderasi beragama. Belajar melalui pembiasaan keragaman teman sejawat dengan bersikap toleransi, saling menghargai, dan saling menghormati dalam lingkungan madrasah. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai moderasi beragama peserta didik MAN 4 Aceh Besar berada pada level 88,7% dalam kategori “Baik”. Adapun dukungan yang bersifat moral maupun materi yang menjadi pendukung keberhasilan pemahaman dan pengamalam nilai-nilai moderasi beragama dikalangan siswa-siswi MAN 4 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aisyah Fadhilla Aisyah |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 03:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40760 |