Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Penerapan Model Direct Instruction Berbasis Metode Eksperimen pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMPN 2 Aceh Besar

Merda Syafriaanti, 251222778 (2018) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Penerapan Model Direct Instruction Berbasis Metode Eksperimen pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMPN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Direct Intruction]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Direct Intruction)
Merda Syafrianti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Direct Intruction]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Direct Intruction)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Aceh Besar pada pelajaran fisika materi Listrik Dinamis. Berdasarkan permasalahannya didapatkan bahwa aktifitas siswa dikelas yang tidak relevan, dikarenakan tidak adanya bimbingan dari guru keti ka siswa melakukan eksperimen, guru tidak memberikan kesempatan untuk bertanya. Siswa juga menganggap bahwa pelajaran fisika sulit dan tidak paham dalam menyelesaikan soal-soal yang memakai rumus. Adapun beberapa kendala siswa yang cenderung tidak semangat dalam belajar, dikarenakan siswa tidak memiliki rasa ingin tau, tidak kreatif, tidak atif dan tidak termotivasi dalam belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui keaktifan siswa melalui penerapan model Direct Intruction berbasis metode eksperimen pada materi listrik dinamis di kelas IX SMPN 2 Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif untuk melihat keaktifan belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Aceh Besar. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IXA. Sesuai dengan hasil penelitian bahwa nilai peningkatan keaktifan belajar siswa diperoleh dengan nilai persentase pertemuan I dari nilai terendah adalah 63,89% dan nilai tertinggi adalah 95,83. Sedangkan pada pertemuan II nilai terendah adalah 83,33% dan nilai tertinggi adalah 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Direct Intruction berbasis metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang lebih baik. Karena metode ini dapat memperkaya pola pikir siswa menjadi lebi aktif, kreatif dan mampu bekerjasama dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Tabrani, ZA, S.Pd.I, M.Si., 2.MASabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar dan Materi Listrik Dinamis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Merda Syafrianti
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:11
Last Modified: 27 Mar 2019 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item
View Item