Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Elemen Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 15 Lhoksukon Aceh Utara

Milda Ulanda, 210201054 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Elemen Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 15 Lhoksukon Aceh Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Elemen Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 15 Lhoksukon Aceh Utara] Text (Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Elemen Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 15 Lhoksukon Aceh Utara)
Skripsi fix MILDA Ulanda final 123[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Elemen Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 15 Lhoksukon Aceh Utara] Text (Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Elemen Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 15 Lhoksukon Aceh Utara)
Skripsi fix MILDA Ulanda final 123[1] - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keadaan yang ada sekarang pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered), dimana siswa hanya menjadi pendengar. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 15 Lhoksukon, pada mata pelajaran PAI dan BP, terdapat beberapa permasalahan dalam proses belajar yaitu masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah, terbukti dari nilai ulangan harian semester yang berada di bawah KKTP yaitu 70. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah saja. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menjadi pilihan yang diterapkan oleh peneliti yang telah terbukti efektif pada penelitian sebelumnya dalam meningkatkan keaktifan siswa yang dapat mendukung meningkatnya nilai hasil belajar. Adapun rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti elemen fiqih kelas IV di SDN 15 Lhoksukon serta bagaimana hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sendangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 11 siswa (55%) yang tuntas belajar, sementara pada siklus II, 17 siswa (85%) tuntas belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 15 Lhoksukon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Milda Ulanda Milda
Date Deposited: 10 Jan 2025 01:30
Last Modified: 10 Jan 2025 01:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40808

Actions (login required)

View Item
View Item