M. Irfan Faisal, 210201227 (2025) Analisis Nilai-Nilai Kesetaraan dan Kesenjangan Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis Nilai-Nilai Kesetaraan dan Kesenjangan Gender Dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI Sekolah Menengah Atas]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
M. Irfan Faisal, 210201227, FTK, PAI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Diskursus gender dalam ranah pendidikan terus berkembang sebagai isu fundamental yang memerlukan kajian komprehensif, terutama mengingat peran strategis buku teks sebagai sumber utama pembelajaran dalam membentuk pola pikir peserta didik terkait perspektif gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi nilai-nilai kesetaraan dan kesenjangan gender dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA/SMK yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2021. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan data primer berupa buku teks ajar terkait dan data sekunder dari buku referensi, artikel ilmiah, serta jurnal akademik. Melalui teknik analisis isi, penelitian ini melakukan evaluasi sistematis dan objektif terhadap konten buku teks tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan dua temuan utama dalam representasi gender: di satu sisi, buku teks ini telah mencerminkan beberapa nilai kesetaraan gender seperti akses pendidikan yang setara, peran perdamaian inklusif, dan representasi gender yang adil dalam beberapa ilustrasi gambar. Namun di sisi lain, kesenjangan gender masih teridentifikasi, terutama dalam dominasi figur laki-laki pada aspek visual, peran inspiratif, dan representasi profesi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun telah ada landasan kebijakan seperti Instruksi Presiden No.9 Tahun 2000 dan Permendikbud No.8 Tahun 2016, implementasinya dalam materi pembelajaran masih membutuhkan penguatan substansial, khususnya dalam aspek representasi visual, konten pembelajaran, dan penggambaran peran gender yang lebih berkeadilan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Irfan Faisal |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 01:42 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 01:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40810 |