Pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur’an Di SMP Negeri 1 Takengon Aceh Tengah

Nadia Futri Sasabila, 210201132 (2025) Pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur’an Di SMP Negeri 1 Takengon Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur’an Di SMP Negeri 1 Takengon Aceh Tengah] Text (Pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur’an Di SMP Negeri 1 Takengon Aceh Tengah)
Nadia Futri Sasabila, 210201132, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan adalah proses atau tindakan yang dilakukan untuk merealisasikan rencana, ide, atau program yang telah dirancang sebelumnya. Pelaksanaan program PAI Unggulan merupakan program yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi insan yang beriman,bertaqwa, dan mendekatkan diri kepada Al-Qur'an. Salah satu program yang telah diupayakan SMP Negeri 1 Takengon untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswanya yaitu program Tahsin Al-Qur'an. Dengan adanya Program Tahsin Al-Qur’an tersebut, tentunya bisa mewadahi siswa-siswi SMP Negeri 1 Takengon, dalam hal membaca, memaknai, serta melafadzkan Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan standar membaca Al-Qur'an yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan karena masih terdapat siswa-siswi SMP Negeri 1 Takengon yang belum lancar membaca Al-Qur'an bahkan ada yang tidak bisa sama sekali membaca Al-Qur'an. Skripsi ini membahas tentang : 1. Bagaimana pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Takengon? 2. Apa saja kendala yang dialami dalam pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Takengon? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembaran observasi guru tahsin, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program PAI Unggulan Tahsin Al-Qur'an sudah cukup baik, namun masih belum dapat dikatakan maksimal, karena berdasarkan sampel nilai akhir tahsin Al-Qur’an yang diambil yaitu siswa kelas XI-6, sekitar 42% (kriteria cukup) dari 33 siswa mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dan kendala-kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan program ini adalah guru tahsin sendiri tidak begitu menguasai teori dari pengajaran tahsin Al-Qur’an, waktu yang diberikan pihak sekolah terbatas, kurangnya buku dan bahan ajar, serta kurangnya minat dan keseriusan siswa dalam mengikuti kelas tahsin Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Futri Sasabila
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:26
Last Modified: 13 Jan 2025 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40865

Actions (login required)

View Item
View Item