Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMAN I Bubon Aceh Barat

Hafsah, 291121684 (2016) Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMAN I Bubon Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Animasi)
Hafsah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Menggunakan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMAN I Bubon Aceh Barat”. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa terhadap pengaruh pendekatan kontekstual dengan media animasi pada materi ikatan kimia, dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa terhadap pengaruh pendekatan kontekstual dengan media animasi pada materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif atau pengumpulan data secara perhitungan. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar aktivitas siswa menggunakan rumus persentase, uji hipotesis digunakan adalah statistik uji-t. Hasil penelitian tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 78,58 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol 69,4. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 11,34 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 48, dengan cara interpolasi diperoleh t0,95(48) = 1,6775 sehingga diperoleh thit > ttab. , hasil ini jelas ada dalam daerah penolakan Ho dan berada dalam daerah penerimaan Ha. Pada aktivitas siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata persentase 93,05 %, dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,00 %. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media animasi lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, begitu pula dengan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Maskur, MA 2.Perwiraga Hartami S.Pd, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Konstektual, Media Animasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 10:07
Last Modified: 26 Jun 2018 10:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item
View Item