Pengaruh Penerapan Metode Time Token terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Reseptif anak di TK IT Matla’ati

Tajul Fadhilah Muhijja, 180210075 (2025) Pengaruh Penerapan Metode Time Token terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Reseptif anak di TK IT Matla’ati. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Time Token] Text (Pengaruh Penerapan Metode Time Token)
Tajul Fadhilah Muhijja, 180210075, FTK, PIAUD, 082167461043.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bahasa reseptif anak belum berkembang sesuai capaian pembelajaran yang ada pada kurikulum merdeka fase pondasi taman kanak-kanak. Proses pembelajaran di kelas A usia 4-5 tahun di TK IT Ma’laati anak belum mampu menceritakan kembali cerita yang didengarnya. Sementara pada capaian pembelajaran kurikulum merdeka elemen dasar-dasar literasi, anak seharusnya sudah mampu mengenali dan memahami berbagai informasi serta mengkomunikasikan perasaan secara lisan dan membangun percakapan sebagai bentuk perkembangan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode time token terhadap perkembangan kemampuan Bahasa reseptif anak di TK IT Matla’ati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif berjenis eksperimen (Matching Pretest Post-test Control Group Design) yang dilakukan dengan maksud untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 anak sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu total sampling karena jumlah sampel yang terdapat 15 orang anak di kelas A. Hasil penelitian bahwa terdapat pembelajaran pada anak kelas A memiliki nilai yang berbeda. Pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 5.8, sementara pada postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 13.5, yang didukung dengan pengujian hipotesis melalui uji t dengan metode output independent samples t-test pada bagian equal variances assumed diketahui nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa maka H_0 ditolak dan H_aditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan metode time token terhadap perkembangan kemampuan bahasa reseptif anak di TK IT Matla’ati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Tajul Fadhilah Muhijja Tajul
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:22
Last Modified: 14 Jan 2025 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40975

Actions (login required)

View Item
View Item