Strategi Komunikasi Politik Pasangan Calon Walikota Banda Aceh pada Pilkada 2017 (Studi pada Tim Pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin)

Zahlul Armi, 411206544 (2018) Strategi Komunikasi Politik Pasangan Calon Walikota Banda Aceh pada Pilkada 2017 (Studi pada Tim Pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Komunikasi Politik]
Preview
Text (Membahas tentang Komunikasi Politik)
Zahlul Armi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Komunikasi Politik Pasangan Calon Walikota Banda Aceh Pada Pilkada 2017 (Studi Pada Tim Pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi dan faktor penghambat serta peluang komunikasi politik tim pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin. Upaya memperoleh kekuasaan dalam pemerintahan kota Banda Aceh ditempuh melalui perencanaan komunikasi politik yang matang, penyebaran isu-isu mengenai pasangan calon yang memperebutkan kursi nomor satu dalam pemerintahan menjadi penting untuk mencapai kemenangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana strategi komunikasi politik yang dijalankan oleh tim pemenangan Aminulah Usman dan Zainal Arifin pada pilkada 2017. Kedua, apa saja faktor penghambat dan peluang proses komunikasi politik yang dijalankan tim pemenangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teori Political Marketing dengan tiga pendekatan yaitu: push maketing, pull marketing, pass marketing. Dalam penelitian ini penulis mengambil empat orang informan sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dari obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian terdapat beberapa peran yang dilakukan oleh tim pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin selama masa kampanye, strategi kampanye dilakukan dengan tiga cara: kampanye tatap muka, kampanye menggunakan media sosial, dan kampanye terbuka (grand campaign). Hambatan yang dialami tim pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin di lapangan berupa faktor semantik, yaitu belum solidnya koordinasi dan komunikasi antar tim pemenangan serta distorsi persepsi, yaitu kekeliruan yang disebabkan oleh pemikiran yang sempit dari pemilih pemula sehingga cukup kesulitan dalam menyampaikan program-program serta visi dan misi.. Sementara yang menjadi peluang bagi tim pemenangan ialah ketertarikan masyarakat terhadap visi dan misi serta elemen pergerakan pemasaran politik yang sangat mumpuni, yang mampu memberikan presentasi hasil suara yang sangat signifikan sehingga berhasil membujuk pemikiran masyarakat di Kota Banda Aceh untuk memilih Aminullah Usman dan Zainal Arifin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Hendra Syahpura, ST. MM; 2. Drs. Baharuddin AR, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Politik, Pasangan Calon
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zahlul Armi
Date Deposited: 27 Jul 2018 04:52
Last Modified: 27 Jul 2018 04:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item
View Item