Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Mawarni, 201223481 (2017) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Mawarni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPA guru tidak hanya memberikan sejumlah konsep yang bersifat hafalan sehingga membuat siswa kurang bergairah, kurang aktif dan kreatif. Akan tetapi bagaimana menghadirkan dalam kehidupan nyata siswa. Salah satunya menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA dikelas IV MIN 20 Aceh Besar, (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA dikelas IV MIN 20 Aceh Besar, (3) Bagaimana kreativitas siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA dikelas IV MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui, (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Rubrik penilaian kreativitas siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 65,33% dan meningkat pada siikus II yaitu 78,66%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 61,42% dan meningkat pada siklus II yaitu 78,57%. (3) Dan kreativitas siswa pada siklus I yaitu 64,37% dan meningkat pada siklus II yaitu 74,75%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapt disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan kreativitas siswa terhadap pembelajaran IPA pada kelas IV-2 MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wati Oviana, M.Pd; 2. Daniah, S. Si, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mawarni Mawar
Date Deposited: 27 Jul 2018 09:40
Last Modified: 27 Jul 2018 09:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item
View Item