Siti Merisa, 421206717 (2017) Pola Asuh Keluarga untuk Pengembangan Kecerdasan Emosional Remaja(Studi di Gampong Lampaseh Kota Kabupaten Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Siti Merisa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (795kB) | Preview
Abstract
Melihat kondisi Gampong Lampaseh Kota bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada dasarnya akan membawa dampak dalam kehidupan anak dalam segala aspek kehidupannya terutama dalam kecerdasan emosional yang mampu menggambarkan kemampuan remaja untuk mampu mengelola dorongandorongan
dalam dirinya terutama dorongan emosinya. Tetapi permasalahan yang terjadi di masyarakat pada umumnya saat ini adalah kebanyakan orang tua yang kurang tahu bagaimana menerapkan pola asuh yang tepat dalam meningkatkan kecerdasan emosional remaja. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui pola asuh keluarga untuk pengembangan kecerdasan emosional remaja di gampong Lampaseh Kota di Banda Aceh. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi IQ dan EQ remaja di Gampong Lampaseh Kota, pola asuh keluarga selama ini, pola asuh yang dapat mengembangkan kecerdasan emosional remaja. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan,
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini sebanyak 5 orang dengan penentuan sampel secara (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa pola
asuh keluarga di gampong Lampaseh Kota belum dapat meningkatkan kecerdasan emosional remaja. Pernyataan ini di dasari dari temuan penelitian yaitu : (1)
kondisi IQ remaja di Gampong Lampaseh Kota berada pada tingkat menengah
seharusnya EQ juga akan mengikut berdasarkan kesimpulan dari pembahasan
penelitian menunjukkan mereka belum mampu mengendalikan emosi, masih
terlihat marah-marah, berbohong, dan menyendiri. (2) Pola asuh keluarga selama
ini di gampong Lampaseh Kota pada umumnya orang tua belum bekerja sama
antara ayah dan ibu dalam mendidik anak, hal ini terlihat dari setiap keputusan
antara ayah dan ibu sering berbeda, sehingga anak sulit untuk mengikuti siapa, selain itu juga anak terlalu dikekang, tidak diberikan kebebasan, dan sering memanjakan anak. (3) Pola asuh keluarga selama ini pada umumnya hampir semua orangtua menyatakan untuk mengembangan kecerdasan emosional remaja maka keluarga harus mampu: membina keharmonisan dalam rumah tangga, memberikan perhatian dan memberikan kasih sayang, berkomunikasi antara anak dan orang tua secara terbuka, memberikan pendidikan agama, mengontrol pergaulan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd 2. Drs. Umarv Latif, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Keluarga, Pengembangan Kecerdasan Emosional Remaja, Gampong Lampaseh Kota Kabupaten Banda Aceh |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.37 Menyusui dan Mengasuh / Memelihara Anak |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Siti Merisa |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 05:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 05:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4118 |