Pegaruh Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MTsN Model Banda Aceh

Nanda Renita, 211222318 (2018) Pegaruh Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MTsN Model Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan Karakter)
Nanda Renita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MTsN Model Banda Aceh”. Proses ngajar mengajar yang berlangsung saat ini sering kali mengacu pada aspek kognitif (pengetahuan) anak semata. Hal ini menyebabkan peserta didik hanya akan dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan secara teoritis saja tanpa mengetahui nilai yang terkandung dari suatu materi, sehingga setelah mempelajari suatu materi, tidak terjadi perubahan karakter berfikir dalam diri siswa.Padahal sesungguhnya hal yang paling diharapkan dari sebuah pembelajaran adalah terbentuknya nila-nila karakter positif dalam diri seseorang anak.Berkenaanhaltersebutpenulistertarikmengadakansebuahpenelitian yang berjudul “PengaruhPelaksanaanPendidikanKarakter di MTsN Model Banda Aceh”.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapelaksanaanpendidikan karakter di MTsN Model Banda AcehPengaruhPembelajarannya dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter disekolah tersebut. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifanalisiskarenamencobamendiskripsika napa yang dilihat, didengardanapa yang adadilapangan.Dalamhalpengumpulan data penelitianinimenggunakantekniklibrary search (penelitiankepustakaan) yaitudengancaramebacabuku-bukuatau data-data tertulislainnya yang adahubungandenganpenelitianini, selanjutnyadenganmenggunakanfield research (penelitianlapangan) yaitudengancaraobservasi, wawancara, danmembagiangketkepadasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwaPelaksanaan pendidikan karakter di MTsN Model Banda Aceh sudahditerapkandankaraktermerekaadalahbaikdanjuga guru-guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pendidikan karakter mereka sudah menyelipkan nilai-nilai karakter dalam pembelajarannya, dengan cara, memberikan langsung nasehat kepada siswa seperti menunjukkan keteladanan yang baik kepada siswa dengan kebiasaan positif yang sesuai dengan nilai-nilai pendididikan Karakter seperti shalat berjamaah di sekolah. Karakter dan sikap guru dalam proses belajar mengajar didalam kelas berpengaruh positif terhadap siswa karena diliha tdari sebagian besar siswa memiliki karakter baik, dan jujur.Adapun kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah kurangnya koordinasi dari orang tua dan guru, sehingga dalam menerapkan nilainilai karakter tidak menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA 2.Drs. Fuad Mardhatillah, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanda Renita
Date Deposited: 17 Jul 2018 10:00
Last Modified: 17 Jul 2018 10:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item View Item
TOP