Peran Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Non Bimbingan Konseling (Guru Bidang Studi) dalam Bimbingan Belajar di SMP Negeri 18 Banda Aceh

Agus Supardi, 270717170 (2015) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Non Bimbingan Konseling (Guru Bidang Studi) dalam Bimbingan Belajar di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Non Bimbingan Konseling)
Agus Supardi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Layanan bimbingan konseling dalam belajara oleh guru bimbingan konseling dan Guru non Bimbingan Konseling (guru bidang studi) merupakan proses pemberi bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Sedangkan metode yang digunakan adalah Deskriptif Analisis,yaitu memecahkan suatu masalah dengan jalan mengumpulkan data-data, menguraikan, menyusun serta menganalisa. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 18 Banda Aceh dengan jumlah 388 siswa, ini didasarkan pada data tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel 39 orang responden. Penetapan sampel dengan cara Random Sampling (Pengambilan data secara acak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh Guru Bimbingan Konseling tersebut, yaitu memberi dorongan dalam belajar, memberi solusi dalam kesulitan belajar, dan membimbing serta mengarahkan dalam belajar. 1) Memberi layanan bimbingan perorangan, layanan bimbingan kelompok dan juga layanan bimbingan informasi. 2) Memberikan layanan bimbingan belajar dalam bentuk pengajaran perbaikan, dalam bentuk pengajaran peningkatan motivasi belajar dan dalam bentuk pengajaran kebiasaan yang baik. Sedangkan peran Guru Non Bimbingan Konseling dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa antara lain ; 1) Memberikan layanan perorangan,layanan kelompok belajar, dan layanan dalam hal kesulitan belajar. 2) Memberikan bimbingan belajar dalam bentuk pengajaran perbaikan, dalam bentuk pengajaran peningkatan motivasi belajar, dan dalam bentuk pengajaran kebiasaan belajar yang baik. Dan 3) Memberikan dorongan dalam hal belajar, mengajari cara mengatur waktu belajar yang baik, dan mengajari cara mempermudah dalam menerima pelajaran. Adapun kerja sama yang dilakukan Guru Bimbingan Konseling dan Guru Non Bimbingan Konseling, antara lain : 1) Membantu memecahkan masalah terhadap siswa yang berkesulitan dalam belajar. 2) Mendata siswa-siswa yang bermotivasi rendah, siswa yang tidak terarah, tidak aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan dan arahan, dan berusaha memberikan solusi terhadap semua permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Jamaliah Hasballah, MA 2.Muslima, S.Ag.M.Ed
Uncontrolled Keywords: Guru, bimbingan, konseling, siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Agus Supardi
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:33
Last Modified: 18 Jul 2018 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item
TOP