Integrasi Sistem Pembelajaran Madrasah dan Dayah di Darul Muta’llimin Blang Bintang Aceh Besar

Riska Auzia, 211323917 (2018) Integrasi Sistem Pembelajaran Madrasah dan Dayah di Darul Muta’llimin Blang Bintang Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Integrasi Sistem PembelajaranMembahas tentang Integrasi Sistem Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Integrasi Sistem PembelajaranMembahas tentang Integrasi Sistem Pembelajaran)
Riska Auzia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Integrasi Sistem PembelajaranMembahas tentang Integrasi Sistem Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Integrasi Sistem PembelajaranMembahas tentang Integrasi Sistem Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB) | Preview

Abstract

Integrasi adalah kesempurnaan atau keseluruhan, perpaduan dan pernyatuan. Integrasi sistem pembelajaran Madrasah dan dayah adalah perpaduan antara sistem pembelajaran yang ada di dayah dengan sistem pembelajaran di sekolah, kemudian diterapkan secara bersamaan di sekolah. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai wewenang dalam mengembangkannya, supaya siswa tertarik untuk belajar. Berdasarkan pengamatan awal, siswa kurang peduli terhadap pelajaran yang ada di sekolah, melainkan mereka lebih fokus terhadap pengajian kitab di malam hari, sehingga dikhawatirkan tujuan yang diharapkan tidak tercapai. Penelitian ini merupakan suatu upaya untuk melihat bagaimana pelaksanaan integrasi sistem pembelajaran serta respon siswa terhadap integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah. Pertanyaan dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah di Darul Muta’llimin Blang Bintang Aceh Besar dan bagaimana respon siswa terhadap integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah di Darul Muta’llimin Blang Bintang Aceh Besar. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan rumus statistik sederhana dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah di Darul Muta’llimin Blang Bintang Aceh Besar sudah terlaksana dengan baik. Adapun bentukbentuk integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah yaitu
vi

integrasi metode, materi dan sumber lain (narasumber). Di samping itu juga respon siswa terhadap integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah di Darul Muta’llimin Blang Bintang Aceh Besar dikategorikan sangat tinggi yaitu 99,85%. Dengan demikian, dengan adanya integrasi sistem pembelajaran madrasah dan dayah siswa dapat lebih mudah untuk mengerti materi yang sedang diajarkan, mempercepat pemahaman siswa, siswa tidak jenuh dan bosan, menarik perhatian siswa, aktif dalam belajar dan menyenangkan, serta belajar semakin termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Hasbi Amiruddin, MA 2.Mashuri, S.Ag. MA
Uncontrolled Keywords: Integrasi Sistem Pembelajaran, Dayah, Madrasah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riska Auzia
Date Deposited: 07 Sep 2018 05:02
Last Modified: 07 Sep 2018 05:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4135

Actions (login required)

View Item
View Item