Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran di MAS Darul ‘Ulum Banda Aceh

Khairul Muslim, 251222787 (2017) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran di MAS Darul ‘Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Eksperimen)
KHAIRUL MUSLIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah-satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam membina dan membentuk manusia berkualitas tinggi. Sehingga mutu pendidikan selalu menjadi pusat perhatian. Hasil belajar fisika siswa kelas X di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan usaha yaitu menerapkan metode pembelajaran yang dapat sesuai dengan kondisi di kelas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode eskperimen. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X-MIA MAS Darul ‘Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode Pre Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre test-Post test Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan uji coba pada siswa. Hasil belajar siswa aspek kognitifnya dapat dinyatakan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu thitung > ttabel = 27,06 > 1,70 berarti thitung > t1− . Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran di Kelas X-MIA 2 MAS Darul ‘Ulum Banda Aceh lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Ida Meutiawati, M.Pd 2.Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar dan Pengukuran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khairul Muslim
Date Deposited: 17 Jul 2018 09:07
Last Modified: 17 Jul 2018 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item
View Item