Peran Stakeholder dalam mendukung Kesuksesan Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggul Tapaktuan

Wirda Ningsih, 271222977 (2017) Peran Stakeholder dalam mendukung Kesuksesan Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggul Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Belajar)
Wirda Ningsih.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Peran guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling berfungsi untuk membantu peserta didik dalam mencapai perkembangan secara optimal dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Realita yang terjadi di MAN Unggul Tapaktuan guru bimbingan dan konseling sering kali diserahi tanggung jawab yang lebih besar untuk menangani anak yang bermasalah, karena dianggap sebagai pihak yang lebih kompeten dalam memberikan bimbingan. Akan tetapi, keberhasilan tersebut membutuhkan kerjasama dan dukungan dari seluruh personel sekolah yang lain, khususnya kepala sekolah, wali kelas, guru bidang studi, tenaga administrasi, dan orang tua siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apa bentuk aktivitas stakeholder dalam mendukung kesuksesan guru bimbingan dan konseling di MAN Unggul Tapaktuan? Apa saja kendala stakeholder dalam mendukung kesuksesan guru bimbingan dan konseling di MAN Unggul Tapaktuan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk aktivitas stakeholder dalam mendukung kesuksesan guru bimbingan dan konseling dengan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, dengan cara meningkatkan kualitas tenaga pengajar, mengembangkan kurikulum pendidikan, menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang berkualitas di sekolah, serta memfasilitasi pembelajaran seperti pengembangan keterampilan siswa di sekolah untuk dapat mewujudkan suasana belajar dan proses Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) supaya siswa dapat aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan. Kendala stakeholder dalam mendukung kesuksesan guru bimbingan dan konseling terdapat waktu yang terbatas dalam mengadakan rapat di sekolah dan sulitnya menemukan waktu yang sesuai untuk bertatap muka secara langsung dengan pihak di sekolah serta stakeholder tidak mempunyai kekuasaan dan legitimasi terhadap keputusan sekolah dalam mengambil kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Amirul Hadi, MA., Ph.D 2. Dr. Sri Rahmi, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Stakeholder, Mendukung Kesuksesan Guru BK
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wirda Ningsih
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:47
Last Modified: 21 Aug 2018 04:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item
View Item