Penerapan Media Boneka Jari untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak di PAUD Elfa Pirak Bereunueun Kabupaten Pidie

Qurratun Aini, 140210053 (2018) Penerapan Media Boneka Jari untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak di PAUD Elfa Pirak Bereunueun Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar)
Qurratun Aini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan bahasa adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap anak agar mereka dapat berkomunikasi dengan menyimbolkan pikiran perasaan untuk menyampaikan makna kepada orang lain, namun anak masih kesulitan untuk berbahasa, kesulitan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya karena tidak tersedianya media yang mampu mendorong anak untuk berbahasa. Salah satu media yang dapat diterapkan untuk mendorong kemampuan berbahasa anak adalah media boneka jari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan menerapkan media boneka jari dan (2) Bagaimana hasil peningkatan kemampuan bahasa anak di kelompok TK B1 PAUD Elfa Pirak Beureunuen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan menerapkan media boneka jari dan (2) Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan bahasa anak di kelompok TK B1 PAUD Elfa Pirak Beureunuen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah anak kelas TK B1 PAUD Elfa Pirak Beureunuen yang berjumlah 8 orang, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan (1) observasi dan (2) Wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi peningkatan kemampuan bahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 66%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan persentase 80%. (2) Hasil peningkatan kemampuan bahasa anak pada siklus I sebesar 54% serta meningkat pada siklus II dengan persentase 70%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B1 PAUD Elfa Pirak Beureunuen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Heliati Fajriah, S.Ag., MA 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media,Boneka,Jari,Bahasa Anak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Qurratun Aini
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:43
Last Modified: 20 Aug 2018 07:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item
View Item