Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Etnimatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa SMP

Dila Anggrieany, 200205041 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Etnimatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa SMP. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dila Anggrieany, 200205041 (2024).pdf] Text
Dila Anggrieany, 200205041 (2024).pdf

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang dalam mengungkapkan kembali suatu pernyataan dengan menggunakan bahasa sendiri. Namun pada kenyataannya, hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa ialah dengan menggunakan model pembelajaran, salah satunya pembelajaran berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran berbasis etnomatematika lebih baik dari pada siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional. Rencana penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling yang sampel nya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A dan VII-F. Kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-F sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar test yaitu data pretest dan data posttest. dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahakan konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis etmomatematika lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu Dalam proses pembelajaran matematika alangkah baiknya, jika pembelajaran dikaitkan dengan budaya setempat supaya siswa dapat memahami budayanya sehingga proses pembelajan dilakukan lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dila Anggrieany
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:36
Last Modified: 16 Jan 2025 05:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41476

Actions (login required)

View Item
View Item