Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP/MTs

Rika Yunasari, 200205044 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rika Yunasari, 200205044 (2024).pdf] Text
Rika Yunasari, 200205044 (2024).pdf

Download (10MB)

Abstract

Literasi numerasi adalah kemampuan untuk menggunakan angka, simbol matematika dasar, serta menganalisis informasi dalam bentuk grafik, tabel, atau bagan untuk memecahkan masalah praktis dan mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis tersebut. Namum, berdasarkan nilai AKM pada SMP 4 Kluet Utara, menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa masih berada pada katagori sedang. Oleh sebab itu diperlukan pembelajaran yang menarik untuk memberikan semangat kepada siswa. Model kooperatif tipe jigsaw, dirancang untuk memudahkan guru dalam pembelajaran, dapat mengembangkan ide, menuntut siswa untuk memahami materi secara individu maupun kelompok serta kemampuan kerjasama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan literasi numerasi pada siswa SMP/MTs yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kluet Utara, penentuan sampel penelitian ini menggunakan tenik random sampling dengan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini model kooperatif tipe jigsaw dapat dipertimbangkan, dilaksanakan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rika Yunasari
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:36
Last Modified: 16 Jan 2025 05:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41489

Actions (login required)

View Item
View Item