Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/Mts

Vera Ariska, 200205042 (2025) Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/Mts. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Vera Ariska, 200205042 (2024).pdf] Text
Vera Ariska, 200205042 (2024).pdf

Download (11MB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di sekolah masih tergolong rendah disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan guru kurang menyenangkan, kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar, suasana belajar yang monoton dan membosankan bagi siswa sehingga membuat siswa kesulitan dalam mengingat dan memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan lebih melibatkan siswa dalam belajar seperti menggunakan mind mapping dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 10 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (pre-test dan post-test). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 10 Banda Aceh dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 2,65> 1,69 yang berarti tolak H_0 dan terima H_1 sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan mind mapping lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan dengan tidak menggunakan mind mapping

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Vera Ariska Vera
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:36
Last Modified: 16 Jan 2025 05:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41524

Actions (login required)

View Item
View Item