Muhammad Rizki Maulana, 200201081 (2025) Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Heroik pada Siswa MTsN Rukoh Melalui Pembelajaran SKI. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Heroik pada Siswa MTsN Rukoh Melalui Pembelajaran SKI]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI MAULANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Heroik pada Siswa MTsN Rukoh Melalui Pembelajaran SKI]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI MAULANA - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Nilai heroik adalah suatu nilai atau sifat yang mengacu pada keberanian, pengorbanan, dan keteguhan hati dalam membela kebenaran, keadilan atau agama. Guru Pendididikan Agama Islam mata pelajaran SKI MTsN Rukoh dalam menanamkan nilai-nilai heroik pada siswa membutuhkan strategi agar dapat mencapai tujuan dengan maksimal. Berdasarkan observasi awal di MTsN Rukoh ditemukan bahwa belum seluruhnya siswa menerapkan nilai-nilai heroik dalam kesehariannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam penanaman nilai-nilai heroik pada siswa MTsN Rukoh. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses penanaman nilai-nilai heroik pada siswa MTsN Rukoh melalui pembelajaran SKI, apa saja strategi guru dalam penanaman nilai-nilai heroik pada siswa MTsN Rukoh melalui pembelajaran SKI, dan faktor apa saja yang mempengaruhi strategi guru dalam penanaman nilai-nilai heroik pada siswa MTsN Rukoh melalui pembelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam penanaman nilai-nilai heroik pada siswa MTsN Rukoh melalui pembelajaran SKI yaitu melalui materi ajar yang sudah disiapkan oleh guru, pemberian nasihat dan motivasi tentang kepahlawanan seperti kisah Nabi dan Rasul serta para sahabat dan ulama. Dalam proses penanaman nilai heroik terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses penanaman nilai-nilai heroik pada siswa yaitu jam pelajaran yang singkat dan pengaruh lingkungan siswa diluar sekolah yang jarang bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memantau dan membimbing siswa dalam kegiatan sehari-hari secara lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rizki Maulana Rizki |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:33 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41580 |