Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Starter Eksperimen (PSE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI MAN I Meulaboh.

Dewi Aprillia, 251324434 (2017) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Starter Eksperimen (PSE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI MAN I Meulaboh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Starter Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Starter Eksperimen)
DEWI APRILLIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah metode yang diterapkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi. Berdasarkan observasi peneliti di MAN I Meulaboh didapatkan bahwa proses pembelajaran fisika masih bersifat klasik yang cenderung Text Book Oriented dan siswa tidak dibiasakan untuk mencoba menemukan sendiri informasi yang mereka butuhkan. Akibat dari masalah ini hampir 50 % nilai ulangan harian siswa di bawah KKM (75), untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut, dalam hal ini pembelajaran yang dianggap sesuai oleh peneliti adalah Pendekatan Starter Eksperimen (PSE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Starter Eksperimen (PSE) pada materi fluida statis terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MAN I Meulaboh dan mengetahui respon siswa terhadap pendekatan Starter Eksperimen (PSE) tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui SPSS versi 16.0 untuk uji normalitas data dan manual untuk uji homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 12,73 > 1,67 dengan demikian Ha diterima atau Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran pendekatan Starter Eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran PSE dengan rata-rata persentase setuju 62,664 % dan sangat setuju 32,996 %. Hal ini menunjukkan bahwa Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) merupakan salah satu pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Sains dikarenakan dapat membuat daya pikir siswa lebih terangsang dan menemukan informasi sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fitriyawany, M. Pd 2.Fera Annisa, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Starter Eksperimen, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dewi Aprilliana
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:46
Last Modified: 18 Jul 2018 04:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item
View Item