Penerapan Metode Modifikasi Planted Question untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-3 MTsN Rukoh Banda Aceh

Hera, 281223186 (2017) Penerapan Metode Modifikasi Planted Question untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-3 MTsN Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-RANIRY Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode modifikasi Planted Question]
Preview
Text (Membahas tentang metode modifikasi Planted Question)
Hera Dini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan metode pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi antara lain dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dengan penerapan metode modifikasi Planted Question. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah dengan menggunakan metode modifikasi Planted Question. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yaitu one grup pretest-posttest design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII3 MTsN Rukoh Banda Aceh yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Adapun kriteria kelas yang dijadikan sampel adalah kelas yang aktivitas dan hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan kelas lain. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif dengan nilai 87,5 %. Data hasil belajar siswa di analisis dengan Uji T dan diperoleh hasil thitung> ttabel(12,32 > 1,70), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode modifikasi Planted Question dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa kelas VIII3 MTsN Rukoh Banda Aceh pada materi sitem peredaran darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Nursalmi Mahdi, M.Ed, St 2.Eva Nauli taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Modifikasi Planted Question, Aktivitas belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hera Dini
Date Deposited: 18 Aug 2017 03:53
Last Modified: 18 Aug 2017 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item
View Item