Irmawati, 261121412 (2016) Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Creative Problem Solving (CPS) pada Pembelajaran Matematika di MTsNBeureunun. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Irmawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (26MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah adalah menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok, namun kenyataannya kemampuan siswa berpikir kreatif dalam matematika masih rendah. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-3 MTsN Beureunun melalui penerapan model Creative Problem Solving. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIII-3 MTsN Beureunun tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada umumnya aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Creative Problem Solving adalah efektif, respon siswa terhadap penggunaan model Creative Problem Solving adalah sangat positif, dan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa secara klasikal yang semula pada siklus I tidak mencapai 50,00% yang dikatagorikan tidak kreatif menjadi kreatif berada diantara 50.00% sampai 75.00% di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-3 MTsN Beureunun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M Kes. 2. Herawati S.Pd,I., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Creative Problem Solving(CPS) |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Irmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 09:42 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 09:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4187 |