Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs yang Diimplementasikan Model Flipped Classroom di MTsN 2 Aceh Besar

Aniza Ulmi, 200205061 (2025) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs yang Diimplementasikan Model Flipped Classroom di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs yang  Diimplementasikan Model Flipped Classroom di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs yang Diimplementasikan Model Flipped Classroom di MTsN 2 Aceh Besar)
Novali Dasmi, 190204033, FTK, PFS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs yang  Diimplementasikan Model Flipped Classroom di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs yang Diimplementasikan Model Flipped Classroom di MTsN 2 Aceh Besar)
Novali Dasmi, 190204033, FTK, PFS - cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan ini akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 2 Aceh Besar ditinjau dari Implementasi model Flipped Clssroom pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 MTsN 2 Aceh Besar sebanyak 26 siswa. Instrumen dalam penelitian terdiri dari peneliti sendiri dan soal tes sebagai instrumen utama yang diikuti oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam implementasi model flipped classroom lebih baik dan dapat melalui tahapan-tahapan indikator komunikasi matematis dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dengan implementasi model flipped classroom. Indikator yang dianalisis meliputi penulisan, penggambaran, dan ekspresi matematika. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada materi bilangan berpangkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Flipped Classroom
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Aniza Ulmi Aniza
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:20
Last Modified: 17 Jan 2025 07:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41875

Actions (login required)

View Item
View Item