Penerapan Model JAS terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar

Putri Wahyuni, 281324908 (2017) Penerapan Model JAS terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Menjelaskan Model JAS (Jelajah Alam Sekitar) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa)
Putri Wahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara konvensional yaitu pembelajaran yang hanya berlangsung satu arah dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengemukakan ide-idenya. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang penerapan model jelajah alam sekitar pada materi ekosistem di kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model jelajah alam sekitar dengan siswa yang dibelajarkan dengan secara konvensional pada materi ekosistem di kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII4 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh skor aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I adalah 75% dengan kategori baik dan pada pertemuan II adalah 87,5% dengan kategori sangat baik, sedangkan skor aktivitas belajar siswa di kelas kontrol pada pertemuan I adalah 68,75% dengan kategori baik dan pada pertemuan II adalah 75% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-tes adalah 57,29 dan nilai post-test adalah 83,76 sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 52,4 dan nilai post-test adalah 72,2. Analisis data tes menggunakan statistik uji t, berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 6,60 dan ttabel = 1,689 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M. Pd; NIP. 198005162011011007 ; 2. Nafisah Hanim, M.Pd; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Model Jelajah Alam Sekitar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: putri 281324908 nurkhaidah
Date Deposited: 19 Aug 2017 02:47
Last Modified: 19 Aug 2017 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item
TOP