Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay to Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar

Fina Arianti, 291324993 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay to Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay To Stray)
FINA ARIANTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi tentang kegiatan pembelajaran kimia di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar ditemukan bahwa proses pembelajaran kimia di dalam kelas berlangsung pasif. Kondisi ini menyebabkan hasil belajar siswa pada materi Minyak Bumi tidak optimal, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata siswa adalah 70 lebih rendah di banding KKM 75. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Two Stay To Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di SMAN 1 unggul Darul Imarah Aceh Besar dan untuk melihat respon siswa dengan penggunaan model pembelajaran Two Stay To Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI/2 IPA SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas dari empat kelas yang tersedia yakni kelas XI/2 IPA-1 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu pengambilan dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t berpasangan sedangkan data untuk angket dianalisis dengan skala persentase. Dari hasil uji t berpasangan diketahui bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Two Stay To Stray terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa siswa tertarik belajar menggunakan model pembelajaran Two Stay To Stray pada materi minyak bumi hal ini terbukti dari jumlah rata-rata persentase respon siswa yang menjawab Ya 86% dan persentase yang menjawab Tidak 14 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda, M.Pd 2.Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Two Stay To Stray, hasil belajar, respon siswa, minyak bumi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fina Arianti
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:39
Last Modified: 19 Jul 2018 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item View Item
TOP