Stategi Teungku Dayah Dalam Pembinaan Program Muhadharah Di Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al Aziziyah

Rahmat Fajar, 20020164 (2024) Stategi Teungku Dayah Dalam Pembinaan Program Muhadharah Di Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al Aziziyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Muhadharah, Strategi dan Teungku] Text (Muhadharah, Strategi dan Teungku)
Rahmat Fajar, 200201164, FTK, PAI, 082367605231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Leung Ie Al Aziziyah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam di Aceh Besar yang menyelenggarakan pendidikan berbasis masyarakat dan memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan ilmu. Muhadharah adalah solusi untuk menyelenggarakan hal tersebut. Namun santri di masa sekarang mempunyai kesulitan berbicara di depan umum atau masyarakat. Melalui latihan berpidato secara rutin, santri dilatih untuk mengatasi rasa gugup, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik. Tujuan akhir dari program ini adalah mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat dan menyebarkan nilai-nilai Islam. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses pelaksaan Muhazharah di Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al Aziziyah?. 2. Bagaimana strategi Teungku dayah dalam pembinaan program muhazharah di Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al Aziziyah?. 3. Apa faktor penghambat dan pendukung teungku dalam proses pembinaan program Muhazharah di Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al Aziziyah?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penilitan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengguanakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah. Program Muhadharah di Dayah Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah melibatkan tahapan persiapan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, dan peran aktif dari santri dan Teungku. Berbagai strategi dan metode pembinaan diterapkan oleh Teungku, namun tantangan seperti kurangnya minat dan perbedaan tingkat pemahaman santri perlu diatasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmat Fajar Fajar
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:46
Last Modified: 17 Jan 2025 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41986

Actions (login required)

View Item
View Item