Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di SMAN 1 Bireuen

Isna Fitriana, 291324964 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di SMAN 1 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Isna Fitriana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar berperan penting untuk menciptakan belajar yang bermakna sehingga hasil belajar siswa yang masih rendah dapat meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran scramble pada materi tata nama senyawa di SMAN 1 Bireuen?, (2) Apakah penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 1 Bireuen pada materi tata nama senyawa?, (3) Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran scramble pada materi tata nama senyawa di SMAN 1 Bireuen?. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar, dan angket. Data dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 94,5%, untuk siklus II dan siklus III diperoleh sebesar 100% dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 90,54%, pada siklus II sebesar 96,43%, dan siklus III sebesar 98,51%, aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik, (2) Model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,85%, peningkatan ketuntasan pada siklus II dengan persentase 85,71%, dan pada siklus III sebesar 100%, (3) Hasil angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran scramble diperoleh persentase 94,83% termasuk dalam kategori sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.H. Ramli Abdullah, M.Pd 2.Dr. Mujakir, M.Pd, Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Senyawa, Materi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Isna Fitriana
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:03
Last Modified: 18 Aug 2017 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item
TOP