Dinda Dian Alfia, 200201169 (2025) Internalisasi Etika Siswa-Siswi Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Internalisasi Etika Siswa-Siswi Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_dindadianalfia_sidang_revisi_(1)[1] (AutoRecovered).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Internalisasi Etika Siswa-Siswi Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_dindadianalfia_sidang_revisi_(1)[1] (AutoRecovered) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Etika merupakan suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia yang dapat dinilai baik dan buruk. Kurangnya etika pada siswa menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Strategi Internalisasi Etika Siswa-Siswi Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh? 2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Internalisasi Etika Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak?. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah field research karena data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang diperoleh dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi secara partisipatif dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru akidah akhlak di MTsN 4 Banda Aceh yaitu menggunakan strategi dalam menginternalisasikan etika (akhlak) siswa diantaranya adalah keteladanan, hukuman, pembiasaan dan ceramah. Faktor pendukung dalam internalisasi etika di MTsN Banda Aceh mencakup adanya keterlibatan aktif guru-guru sebagai teladan, dan adanya kerjasama guru, orang tua, dan siswa dalam mensukseskan tata tertib sekolah yang sudah ada guna membentuk akhlak siswa yang baik dan terpuji. Adapun faktor penghambat antara lain: dari diri siswa sendiri, kurang minat dalam pembelajaran akhlak, dan paparan negative dari gadget, lingkungan yang negative, serta kurangnya perhatian orang tua dalam pembinaan akhlak siswa. Adapun faktor lain yaitu karena terbatas sarana dan prasarana karena, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai maka upaya guru Akidah Akhlak tidak bisa terlaksana dengan sempurna.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Dian Alfia Dinda |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:17 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 08:09 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42000 |