Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gelombang Mekanik Tingkat SMA/MA

Irsal Munandar, 190204068 (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gelombang Mekanik Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL)] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL))
Irsal Munandar, 190204068, FTK, PFS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran fisika dan kurangnya bahan ajar yang digunakan, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL agar peserta didik dapat mengikuti atau memahami proses pembelajaran fisika dan menerapkan materi fisika dalam kehidupan sehari-hari, dan peserta didik tertarik dalam belajar pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini mengetahui desain dan kelayakan LKPD berbasis PBL yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode 4D. Berdasarkan persentase penilaian ahli materi diperoleh hasil bahwa Pengembangan LKPD berbasis PBL telah dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi memperoleh penilaian sebesar 95,95% kriteria sangat layak, aspek kelayakan penyajian memperoleh penilaian sebesar 95,45% kriteria sangat layak dan aspek kebahasaan memperoleh nilai sebesar 95,83% kriteria sangat layak. Berdasarkan grafik penilaian ahli media diperoleh hasil bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL telah dikembangkan ditinjau dari aspek ukuran LKPD memperoleh penilaian sebesar 95,83% kriteria sangat layak, aspek desain sampul LKPD (cover) memperoleh penilaian sebesar 91,66% kriteria sangat layak dan aspek desain isi bahan ajar memperoleh nilai sebesar 91,66% kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian dari kedua ahli dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi gelombang mekanik tingkat SMA/MA sudah layak digunakan dalam pembelajaran karena memperoleh hasil dari kedua ahli sebesar 94,44% dengan kriteria sangat layak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 541 Kimia fisika
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 542 Teknik, Prosedure, Alat, Perlengkapan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Irsal Munandar Irsal
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:45
Last Modified: 17 Jan 2025 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42118

Actions (login required)

View Item
View Item