Intan Mawaddah, 271223013 (2017) Peran Pengasuh dalam Pembentukan Motivasi Anak Asuh di Rumah Yatim Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Intan Mawaddah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
From B dan From D.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Keberadaan orang tua dalam memberikan perhatian sangat mempengaruhi motivasi belajar anak. Jika seorang remaja yang tidak lagi memiliki keluarga yang utuh dan tidak mendapatkan dukungan sama sekali dari orang tua tentu motivasi belajarnyapun tidak maksimal. Tidak adanya figur orang tua yang memberi perhatian inilah yang menyebabkan motivasi belajar anak cenderung menjadi rendah. Hal ini juga yang menyebabkan sebagian anak yatim piatu tersebut harus tinggal di rumah yatim, agar anak yatim piatu tersebut mendapatkan figur pengganti orang tua yang dapat mendidik, membimbing serta memberikan motivasi. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran pengasuh di Rumah Yatim Banda Aceh? (2) Bagaimana pembentukan motivasi belajar anak di Rumah Yatim Banda Aceh? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, obserasi dan dokumentasi. Dalam penetapan subjek penelitian penulis menggunakan total sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang pengasuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan belajar mengajar di Rumah Yatim berjalan baik hal tersebut telah diatur dalam bentuk jadwal belajar anak masing-masing. Namun pengasuh mengalami hambatan disebabkan karena beberapa anak yang masih tidak perduli dengan pentingnya belajar. (2) Motivasi belajar yang diberikan pengasuh sangat dibutuhkan bagi anak-anak untuk memperoleh semangat dalam belajar dan menggapai masa depan. Bentuk motivasi belajar yang diberikan pengasuh diantaranya adalah bercerita mengenai artikel orang-orang sukses dan juga sejarah. Pengasuh sangat berperan dalam memotivasi belajar anak, agar anak memperoleh semangat belajar yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Fatimah Ibda, M. Si; 2. Miftahul Jannah, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Pengasuh, Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Intan Mawaddah |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 04:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 04:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4212 |