Analisis Pemecahan Masalah Siswa SMA/MA Berdasarkan Teori Heuristik Krulik Rudnick

Windi Alhafiza Rambe, 200205039 (2025) Analisis Pemecahan Masalah Siswa SMA/MA Berdasarkan Teori Heuristik Krulik Rudnick. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pemecahan Masalah] Text (Analisis Pemecahan Masalah)
SKRIPSI WINDI ALHAFIZA RAMBE AKHIR (200205039).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Analisis Pemecahan Masalah] Text (Analisis Pemecahan Masalah)
SKRIPSI WINDI ALHAFIZA RAMBE AKHIR (200205039)-1-23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (822kB)

Abstract

Pemecahan masalah adalah komponen yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, siswa pada tingkat SMA banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika, karena kurangnya penguasaan konsep dasar oleh siswa. Banyak siswa hanya berfokus pada penghafalan rumus yang sudah diajarkan oleh guru tanpa memahami konsep dibalik rumus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemecahan masalah siswa berdasarkan teori Heuriktik Krulik Rudnick pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Prosedur penelitian ini mulai dari pembuatan instrument tes, pemberian tes, pengambilan data dan wawancara. Analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika pada kelas X SMA Swasta Babul Maghfirah berdasarkan teori Heuristik Krulik Rudnick dikategorikan kedalam tiga kelompok yaitu: a) siswa dengan pemecahan masalah matematika kategori tinggi memenuhi lima indikator yaitu membaca dan berpikir, menyelidiki dan merencanakan, memilih suatu strategi, menemukan penyelesaian dan menggambarkan dan meyampaikan. b) siswa dengan pemecahan masalah matematika kategori sedang memenuhi dua indikator yaitu membaca dan berpikir, menyelidiki dan merencanakan. c) siswa dengan pemecahan masalah matematika kategori rendah belum memenuhi kelima kriteria.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Windi Alhafiza Rambe
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:54
Last Modified: 17 Jan 2025 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42143

Actions (login required)

View Item
View Item