Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN Jeurela Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN Jeurela

Munir, 260717056 (2014) Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN Jeurela Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN Jeurela. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Munir.pdf]
Preview
Text
Munir.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan form D .pdf]
Preview
Text
Form B dan form D .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika masih dirasakan sulit oleh mayoritas siswa sehingga siswa tidak menangkap konsep dengan benar. Selain itu, proses pembelajaran yang dilakukan guru pada pelajaran matematika biasanya didominasi oleh guru dengan model konvensional, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat. Untuk mengatasi hal tersebut perlu digunakan strategi yang dapat melibatkan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dan membuat siswa aktif. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN Jeurela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model PBI dan model konvensional dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBI dengan yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan jenis Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Jeurela tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 147 siswa terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIIIA sebanyak 29 siswa dan yang terpilih menjadi kelas kontrol adalah kelas VIIIB sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan postest, lembar observasi, dan lembar angket. Analisis data menggunakan statistik uji-t menggunakan software komputer, SPSS 17.0 sebagai alat pengujian hipotesis. Aktivitas siswa pada umumnya aktif, hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah sangat baik, respon siswa terhadap penggunaan model PBI adalah sangat positif, dan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas (86,20%). Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis secara statistik yaitu dengan menggunakan uji t menggunakan SPSS serta dilakukan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 57 diperoleh nilai sig. (1-tailed) adalah 0,014. Ternyata nilai sig. (1-tailed) < α = 0,014 < 0,05 maka H0 ditolak dan terima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Jeurela yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Problem Based Instruction lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Munirwan Umar, M. Pd 2.Faisal, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Limas,Problem Based Instruction, Limas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email Munircda88@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:12
Last Modified: 23 Jul 2018 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item
View Item